Transisi Singapura dan Malaysia, Johor Bahru.

Bazaar Karat's Food Court

Untuk blog post Singapore, silahkan cek link ini! http://savairaal.blogspot.com/2019/01/singapores-first-timer.html

Untuk yang ini aku pengen nulisnya lebih bebas, jadi memutuskan untuk pakai Bahasa Indonesia. Mungkin sedikit kurang baku, tapi pengen coba nulis kaya gini hehe.

Jadi seperti post sebelumnya tentang Singapura, dari Singapura aku lanjut ke Johor Bahru dengan bus. Untuk detailnya bisa cek ke post sebelumnya. Untuk post tentang Singapura bisa cek di sini!

Di Johor Bahru, aku nginap di airbnb. Ini pertama kali sih buat aku meskipun udah lama taunya. Aku dapat semua apartemen dengan dua kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu sama dapur. Waktu itu dapat special offer dan pake diskon, jadi cuma bayar IDR 400.000 untuk per malamnya. The night view was amazing. Ini link untuk airbnbnya in case kalian pengen ke sana juga. Kekurangan dari unit ini adalah unitnya jauh dari tempat hiburan, gak ada yang bisa didatengin dengan jalan kaki.

Aku sampai di JB jam 5 sore, sampai ke unit dan langsung istirahat. Malamnya aku sama adik-adikku diajak sama Ayah buat beli vapor karena dari Indonesia gak bawa. Yang lucunya adalah toko vapor ini beroperasi di rumah, jadi tokonya semacam black market gitu. Pas Ayahku masuk, tirainya tuh kaya berlapis-lapis dan langsung ditutup semua. Kaya di film-film.

Setelah dari toko vapor, kami lanjut ke Banafee Village untuk beli makan malam. Banafee Village ini adalah salah satu food court di Johor Bahru yang terkenal. Mereka jual hampir semua jenis makanan. Western, Arab, Chinese, Indonesia, you name it. Tapi untuk harga masih relatif mahal, asumsiku sih karena daerahnya masih bersebelahan sama Singapura, dan banyak Singaporean ke Johor Bahru buat liburan, jadi harganya disesuaiin. Untuk makanannya kami take-away dan makan di apartemen.

Sebelum berangkat aku udah research tentang tempat yang menarik untuk dikunjungi. It's already a habit of mine, i guess. Untuk di Johor Bahru sendiri aku dapat banyak tempat menarik, tapi cuma punya waktu 1 hari 2 malam buat jalan-jalan.




Keesokan harinya, aku ngajak keluargaku buat ke daerah turis Johor Bahru. Akhirnya nge-Grab ke Salahuddin Bakery, salah satu toko roti terkenal di Johor Bahru. Tapi driver Grab nya ngomong kalau hari Jum'at tuh banyak toko yang tutup. Dan ternyata Salahuddin Bakery ini salah satunya. Padahal aku pengen nyobain their classic heu.



Karena tutup, aku pun langsung buka maps dan nyari Hiap Joo Bakery. Ini juga salah satu toko roti terkenal. Setelah tiba, di depan tokonya ternyata udah lumayan banyak orang yang antri. Aku pun ikutan ngantri. Mungkin sekitar 5 menit dan aku masuk. Sebelum masuk, kita dikasih keranjang. Dan tempatnya tuh keciiil banget. Pas kita masuk, sebelah kiri itu tempat roti selain roti klasiknya mereka. Kemudian kita mutar dan di sebelah kanan langsung kasir. Mungkin area yang bisa dijangkau cuma 1.5 x 3 m (?) Sisa tempatnya itu buat proses bikin rotinya. Jadi mereka masih pakai cara lama untuk panggang rotinya. Aku beli beberapa roti kaya kacang merah, tuna dan klasiknya mereka, banana bread. Untuk rasanya... biasa aja sih. Banyak roti yang lebih enak yang pernah aku cobain.


Keluar dari Hiap Joo, aku keluar dan ngelanjutin jalan-jalan. Gak berapa lama setelah keluar, aku ngeliat toko yang menarik. Nama tokonya adalah Evangelione Dollmaker. Exteriornya lucu. Pintunya dari kayu dan kaca, displaynya pun begitu. Aku kirain tokonya soal boneka dan sejenisnya. Ternyata mereka lebih ke jualan printed art..? If that's how people call it. Mereka ngejual postcard, pin, enamel pin, dan barang-barang lucu lainnya. Tapi ownernya adalah ilustrator dari beberapa karya di sana juga. Gemash! Jadi aku beli postcard.
mereka tetap punya spot untuk handmade doll-nya! Dan ternyata

Di luar toko, mereka punya christmas bazaar untuk jualan buku-buku preloved. Kemudian aku tertarik sama salah satu buku yang ada di situ. Isinya kumpulan postcard dan satu cd. Aku akhirnya masuk untuk tanya harganya dan ternyata buku itu gratis ehe. Jadi deh aku bawa postcard dan bukunya.

Kami pun jalan ke Johor Baru City Square. Dan kebetulan hari itu tanggal 21 Desember yang berarti ulang tahun Bobby! Bobby ini member iKON anyway, hehe. Dan iKONIC Malaysia membuat cup sleeve event yang kebetulan di JB City Square ini. Jadi deh, Ayahku sama Adekku sholat Jum'at, aku naik untuk ke eventnya.

Setelah beli minumnya aku langsung ke area event dan ketemu koordinator eventnya, dikasih freebies Bobby hehe. Habis itu ngobrol dikit dan aku langsung jalan lagi sama Ibu. Setelah selesai sholat, kami langsung nyari tempat makan dan menjatuhkan pilihan ke food court yang ada di lantai 5.

Setelah kenyang dan belanja dikit, kami balik lagi ke unit untuk istirahat. Di malam hari, aku, Ayah, sama Akhtar dan Momo ke Pasar Karat. Ini adalah salah satu tempat yang direkomendasikan, di internet maupun sama locals. Lokasinya di area Hiap Joo. Jadi semua toko sekitar tempat itu tutup saat malam.

Setelah sampai di sana, aku berekspektasi tempatnya akan seperti kumpulan thrift shops yang isinya barang-barang vintage. Tapi ternyata bukan. Isinya lebih seperti pasar malam yang ada di Indonesia jadi aku sedikit kecewa. Untungnya food courtnya membayar kekecewaan. Aku take away dan makan di unit lagi.

Keesokan paginya, kami langsung siap-siap dan berangkat ke Larkin, terminal bus untuk ke Kuala Lumpur. Dan yang kerennya adalah kami naik Grab yang ada sunroofnya pusing gak sih. Terus drivernya hypebeast banget lah pokoknya.

Sampai di Larkin, kami langsung turun ke lantai bawah untuk nukar tiket. Habis itu beli McD untuk sarapan. Setelah sarapan, langsung masuk ke ruang tunggu dan baru aja duduk, udah ada panggilan untuk bus ke Kuala Lumpur. Gagal duduk deh.

Dengan ini, petualanganku di Johor Bahru selesai! Untuk di Kuala Lumpur, aku cuma bakal nulis dikit karena gak banyak yang menarik sih... Jadi aku bakal bikin short post untuk Kuala Lumpur.

Icha's Tips!

  1. Aku gak tahu apakah di JB banyak hotel atau enggak, tapi aku merekomendasikan airbnb. Di sana ada banyak airbnb keren dengan harga murah. 
  2. Untuk airbnb, kalian bisa dapat diskon dengan pake link ku! Klik link ini untuk langsung dapat diskon sebesar IDR 600.000 untuk booking pertama,
  3. Hindari hari Jum'at untuk jalan-jalan di Johor Bahru. Akan banyak tempat yang tutup.
  4. JB sebenarnya punya banyak mall, tapi aku gak ke mall sama sekali.
  5. Hiap Joo dan Evangelione ini ada di satu jalan yang sama, yaitu Jalan Tan Hiok Nee. Kalau kalian jalan sedikit lagi, ada beberapa art shop lagi yang juga gemash-gemash.

Komentar

Postingan Populer